Majalah Jurnal Bekasi

Majalah Jurnal Bekasi, Portal Jurnal Bekasi, Berita Bekasi, Info Caleg Bekasi, Bekasi Terkini dan Terlengkap

Aksi Unjuk Rasa Buruh Berujung Bentrok Dengan Warga

Published on Nov 21 2012 // Bekasi Terkini, Sosial Ekonomi, Top

JurnalBekasi – Cikarang ,Aksi unjuk rasa buruh yang dilakukan di kawasan industri EJIP Cikarang, Kabupaten Bekasi, berujung bentrok dengan warga setempat, Senin, (19/11). Aksi tersebut baru berhasil diredam setelah kedua belah pihak dipukul mundur dengan gas air mata oleh Polisi.

Aksi Unjuk Rasa Buruh Berujung Bentrok Dengan Warga

Foto : JurnalBekasi.com – Aksi Unjuk Rasa Buruh Berujung Bentrok Dengan Warga

Suasana mencekam nampak saat ribuan buruh berunjuk rasa dengan pengawalan ketat petugas kepolisian. Sementara itu di lain pihak, nampak ratusan warga setempat berkumpul, dengan tujuan menghalau aksi unjuk rasa buruh yang dianggap telah mengganggu dan merugikan aktifitas warga.

Aksi unjuk rasa berujung bentrok saat ribuan buruh melakukan penyerangan terhadap warga, karena mendengar beberapa buruh diserang warga. Bentrokan pun tak bisa dihindarkan. Dengan menggunakan berbagai macam senjata kedua belah pihak saling serang. Beberapa orang terluka terkena lemparan batu.

Kontan aksi tersebut membuat polisi langsung membubarkan dengan menembakan gas air mata, baik ke arah buruh maupun warga setempat. Aksi tersebut akhirnya mereda setelah kedua belah pihak membubarkan diri.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa buruh selalu mendapat dukungan dari warga. Namun belakangan, aksi buruh dianggap meresahkan karena merugikan kepentingan orang banyak, seperti menutup Tol dan jalan raya.

“Lama-lama warga terganggu juga kalau buruh sering-sering unjuk rasa. Padahal, kalau unjuk rasanya tertib pasti masyarakat mendukung kok,” kata Minim Muslim,  warga sekitar.

Sampai saat ini, kondisi di kawasan industri EJIP Cikarang, masih nampak mencekam, pasca bentrokan. Akibat aksi ini, arus kendaraan yang menuju maupun hendak keluar dari kawasan EJIP menjadi tersendat. (Wira/JurnalBekasi.com)