Majalah Jurnal Bekasi

Majalah Jurnal Bekasi, Portal Jurnal Bekasi, Berita Bekasi, Info Caleg Bekasi, Bekasi Terkini dan Terlengkap

Benarkah Bekasi Kekurangan atau Kelebihan Guru ?

Published on Feb 21 2013 // Bekasi Terkini, Pendidikan, Top

JurnalBekasi –Menurut pandangan  Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bekasi, Khamdani, yang juga  kepala UPTD Pembinnan SD Kecamatan Medan Satria   adanya kekurangan jumlah guru di Kota Bekasi. Menurutnya saat ini jumlah guru baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA perlu diadakan penambahan. “Ya di Kota Bekasi tenaga pengajar juga masih kurang, untuk tingkat SD, SMP, atau SMA presentasenya hampir sama,” katanya saat di minta menjadi nara sumber,

Benarkah Bekasi Kekurangan atau Kelebihan Guru ?

Foto : Benarkah Bekasi Kekurangan atau Kelebihan Guru ?

Kekurangan jumlah guru cukup berdampak  kurang efektifitasnya  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Karena kekurangan tenaga guru, satu orang guru bisa ditugaskan untuk mengajar melebihi standar waktu mengajarnya. Dengan kondisi seperti itu akan sangat mempengaruhi performa guru dalam mengajar.

Khamdani berharap Pemkot Bekasi dapat memperhatikan masalah dunia pendidikan di Kota Bekasi ini. menurutnya semua keputusan kebijakan bukanlah dia yang mengatur, dirinya hanya bisa memberikan usulan. “Untuk pengangkatan guru TKK, atau tunjangan guru swasta misalnya, itu adalah kebijakan Pemkot Bekasi yang menganggarkan APBD,” pungkas Khamdani.

Ginanjar pengamat pendidikan di kota Bekasi  persoalan guru SD di  kota Bekasi merupakan dampak kebijakan  beberapa tahun yang lalu. Banyak sekolah sekolah dasar yang seharus tidak dipecah yang berada di satu lokasi . sedangkan sekarang kalau dimerger juga ada aturan jumlah minimun siswa baru dapat dimerger.

Seorang guru agama sekolah  yang hanya menpunyai enam  rombongan belajar dengan alokasi waktu 3 jam perminggu. Dalam satu sekolah hanya mengajar 18 jam  per  minggu  belum lagi guru – guru bidang  study bahasa inggris , bahasa daerah  penjaskes . Satu sisi sekolah kekurangan guru sisi lain ada beberapa guru yang kekurangan jam mengajar disatu sekolah. Tentu persoalan kekurangan guru SMP dan SMA/ SMK akan berbeda  menurut pendapatnya.(Cahyo Haryono/JurnalBekasi.com)