Majalah Jurnal Bekasi

Majalah Jurnal Bekasi, Portal Jurnal Bekasi, Berita Bekasi, Info Caleg Bekasi, Bekasi Terkini dan Terlengkap

Peran FKUB Bekasi Belum Sesuai Harapan Anggota Dewan

Published on Oct 18 2012 // Bekasi Terkini, Sosial Ekonomi, Top

Jurnal Bekasi - Kurang maksimalnya peran dan fungsi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dinilai turut memicu munculnya aksi penolakan pembagunan rumah ibadah khususnya gereja di sejumlah wilayah di Bekasi Utara.

FKUB Kota Bekasi Belum Maksimal

Foto – JurnalBekasi – FKUB Kota Bekasi Belum Maksimal

“FKUB instrumen terpenting dalam hal pendirian rumah ibadah seperti gereja tapi tidak semua FKUB berfungsi sesuai yang diharapkan,” ujar Enie Enie Widhiastuti Anggota Dewan Komisi C DPRD Kota Bekasi dari PDI Perjuangan Problematika Pendirian Gereja di Bekasi Utara kepada fajar JurnalBekasi.com

Menurutnya, tak sedikit FKUB yang justru menimbulkan masalah dalam hal permasalahan pendirian gereja. Meski tambah Enie banyak pula FKUB yang berfungsi maksimal sesuai peran dan fungsi serta berkontribusi positif dalam menuntaskan polemik pendirian gereja.

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dinilai belum mempunyai peran strategis dalam meningkatkan dan mewujudkan kerukunan umat beragama di Indonesia. Sejak dikukuhkan kepengurusan FKUB, ternyata dalam pelaksanaan di lapangan banyak menemui kendala, menyangkut masalah kelembagaan dan pendanaan.

Enie menambahkan, saat ini FKUB belum punya rambu-rambu sehingga dalam pelaksanaannya selalu muncul multitafsir, karena itu harus ada pedoman untuk FKUB tentang tata kerja dan masalah pendanaan.

“FKUB ini unik, ada didesain dari pusat, tapi bukan lembaga struktural ke bawah dan kordinasinya bersifat konsultatif saja, karena itu dalam Kongres FKUB ini kita perlu menyamakan visi dengan membuat pedoman dan tata kerja,” jelasnya. (Fajar/JurnalBekasi.com)